Syarat dan kelayakan blog agar pendaftaran akun Google Adsense Anda cepat di approved



Syarat dan kelayakan blog agar pendaftaran akun Google Adsense Anda cepat di approved, berikut ulasannya :

1. Nama Blog Jangan Aneh-aneh
Banyak pembaca sebelumnya bertanya pertanyaan yang umum ditanya di forum-forum blogger .  “ Gan, kenapa blog saya gak diterima untuk pengajuan Google Adsense? Padahal trafik udah bagus, artikel banyak, webmaster bersih tapi kok bisa ditolak ADSENSE ya ? “

Jawabannya sederhana. Bisa jadi nama blog anda itu ANEH.

Dalam banyak pandangan, sesuatu yang aneh itu bisa diartikan secara positif, bisa negatif .
 Namun , bagi tim Google, blog yang mereka dambakan adalah blog yang professional, begitu pun dengan nama yang ia bawa, setidaknya memiliki kesan filosofis, bukan cuma nama seperti kehabisan nama domain.
Nama seperti Tutorial1242, Congekanloe, Bibirloedoer,  dan nama aneh lainnya ,  bisa saja menjadi pertimbangan bahwa nama domain TLD / hosted tersebut bersifat main-main saja .

Apalagi bila nama domain  yang menyangkut dengan angka , seperti darwin556 ,  Kuzaku771, Seoku532,  nama  yang maknanya sempit seperti itu ( tidak bahasa umum ), bisa menjadi salah satu minus dalam penilaian Google Adsense.

Karena periklanan ini adalah hal yang serius. Maka Tim Google mengharapkan nama  yang lebih professional untuk berbagi dalam bisnis nya. Namun ini adalah opini saya pribadi dan penafsiran saya atas pengamatan yang selama ini ada di berbagai forum , karena memang banyak nama domain yang ditolak pengajuan Google Adsense, karena jarang didengar, asing , dan terkesan main-main.
Meskipun kita juga tidak boleh menutup kemungkinan ada beberapa yang diterima, namun lebih baik bermain aman. Gunakanlah nama domain professional  dan lebih bermakna .

Domain seperti .tk, .ga, .co.cc, memang ada yang berhasil, namun lebih baik membeli domain sendiri , harganya pun sangat murah dan anda sudah bisa mendapatkan domain professional yang aman dan tentunya disukai Google.
Sebut saja domain .xyz, .asia, dan domain lainnya yang banyak dijual murah. Lagipula saat ini berbagai reseller domain di Indonesia banyak memberikan promo domain murah, bahkan gratis. Sehingga sebenarnya , tidak ada lagi alasan untuk membuat nama domain abal-abal kalau memang mau serius di Google Adsense.

2.  Pedoman Web Master
Nah, ini yang sangat penting. Webmaster adalah bagian penting yang tidak terlepaskan dari setiap publisher adsense. Ini adalah tools pustaka , dan catatan online yang menampilkan berbagai pencapaian blog anda setiap harinya. Dalam pengajuan Google Adsense, tools ini harus diperhatikan.
Dan yang sangat penting ada pada : Sitemapnya. Blog anda harus sudah direkam / indeks oleh Google minimal 5 artikel saja.  Dan kelima artikel tersebut sudah memiliki pengunjung organik setiap harinya.
Dan lagi, konon menurut banyak mastah lewat berbagai forum, webmaster adalah celah yang paling mudah disusupi oleh bot yang bandel , dan parahnya lagi penilaian tim Google banyak didasarkan atas tools tersebut.
Langkah pencegahan yang bisa dilakukan adalah membersihkan berbagai robot dan virus yang ada di webmaster. Jangan sampai ada tulisan “ 404 Page Not Found”ketika blog anda diakses.
Karena mereka ini ( robot ) merusak reputasi blog anda di mata Google . Alangkah baiknya update secara berkala,  dan bila menemukan parasit tersebut, langsung ambil tindakan .

3.  Jumlah Visitor Harus …??
Ini juga menjadi perdebatan seru di kalangan blogger senior. Jumlah visitor. Ada yang bilang harus 1000 U.V / Days, ada yang bilang harus 5000 U.V / Days, ada yang bilang minimal 50 U.V/ Days, bahkan ada yang bilang pengunjungnya 10 orang saja akhirnya bisa diterima Google Adsense.
Dan yang paling seru lagi , ada yang bilang pengunjung 0 bisa diterima dalam pengajuan Google Adsense
Bagaimana menurut anda ?
Berapa jumlah pengunjung yang harus dimiliki sebelum mendaftar Adsense ?
Pendapat mana yang paling benar ?
Di sini saya tidak akan memutuskan siapa yang benar, namun saya berusaha memberikan anda sebuah penggambaran singkat.
Begini penjelasannya.
Di sini saya menyarankan kepada anda untuk tidak meletakkan dasar kuantitatif tertentu sebagai acuan jumlah visitor sebelum mendaftarkan diri di Adsense . Tidak ada klaim dari Google sendiri , yang mengatakan jumlah pengunjung harian harus sekian, dan sekian untuk disumbit / mengajukan peninjauan .
Lalu bagaimana ?
Memang tidak ada acuan wajib, namun ketika blog mulai aktif, setidak-tidaknya  sudah harus memiliki traffik, dan lebih baik lagi bila traffiknya berasal dari pencarian organik, agar tim google bisa lebih baik meninjau blog anda , apakah memberikan pengalaman menyenangkan bagi pembaca atau tidak ( Ikuti poin yang saya bold ) .
Karena Google menggantungkan penilaiannya dari aktifitas pembaca di blog anda, saya yakin penilaian utama bukan dari jumlah / banyaknya pengunjung anda . Seperti yang saya katakan di poin-poin sebelumnya, tak apa bila pengunjung sedikit, yang paling penting ada.
Namun mereka harus betah,  mau berlama-lama , melahap banyak pages di blog anda,  dan lebih baik lagi bila pengunjung yang bertipe seperti itu datang mengunjungi blog anda setiap harinya.
Saya yakin bila anda mampu memenuhi poin ini,  akun adsense akan meluncur  dengan ringan ke rumah anda.

4.  Jangan pernah ganti Template Blog Anda  Dalam Masa Peninjauan
Ini terkait dengan peringatan yang sudah ada di poin sebelumnya yang memperingatkan bahwa  blog yang masih dalam tahap konstruksi , sebaiknya jangan, dan belum saatnya di ajukan ke Google Adsense.  Template adalah bagian yang sangat vital , tidak hanya dalam segi penampilan, template juga sangat mempengaruhi kecepatan akses blog tiap halamannya ( Ada di poin 35 ) .
Ketika blog dalam masa peninjauan Adsense , maka blog tersebut HARUS  sudah siap, sudah benar-benar SIAP untuk didaftarkan ke Google Adsense.  Tidak boleh lagi ada perbaikan kode, perbaikan HTML , dan mengotak-atik  script tertentu. Untuk itu , sebelum mengajukan permohonan hendaklah mengupdate blog beberapa kali. Cek , cari kelemahan template anda .
Buka blog dari berbagai versi, baik PC, maupun mobile. Cek, kecepatan page demi page dalam blog. Cek juga apakah ada kode-kode khusus yang error. Setelah dirasa sudah mantap, silahkan lanjutkan permohonan pengajuan Google Adsense.  Semoga ini membantu.

5.  Domain TLD Berbayar Lebih Diminati?
Untuk anda ketahui, bahwa domain TLD yang kita kenal selama ini tidak hanya terdiri dari domain berbayar saja . Ada beberapa domain gratis ( non hosted ) yang diberikan oleh pengembang tertentu yang bisa anda pakai, syarat mendapatkannya juga mudah .
Namun beredar isu, bahwa dalam proses peninjauan Google ADSENSE , peninjau lebih suka dengan domain yang berbayar. Benarkah hal ini ? Menurut saya hal ini 100 % benar. Google lebih suka dengan domain berbayar karena publisher dianggap serius.
Lalu apakah domain TLD Gratisan tidak bisa untuk pengajuan Google Adsense ? Sesuai judul di poin ini, Google lebih “ Minat “ pada TLD Berbayar,  BUKAN BERARTI menutup kemungkinan menerima TLD Gratis.  Karena juga banyak kok yang diterima lewat domain TLD gratis , semisal .tk, dan .ga .
Note : Kabar terakhir dari beberapa forum ads, domain TLD gratisan di atas memang sudah dicekal oleh google, dikarenakan banyak dimanfaatkan untuk membuat akun Adsense bug. (Bug=mencari sisi kelemahan google)
Dan ketika ada cerita bahagia blog mereka diterima dengan domain TLD Gratisan  , ada juga pengalaman mereka  yang ditolak. Tentang domain TLD gratis yang diterima “barangkali” ada sebab-sesuatu yang terlihat istimewa pada blog tersebut.
Namun bila boleh menyarankan, untuk amannya sebaiknya anda memakai  domain yang berbayar, karena Google suka dengan blog yang terkesan professional, tidak blog asal jadi dengan nama asal jadi  , apalagi yang gratisan, sangat mudah membaca bahwa niatnya hanya untuk mendapat Approve Adsense, dan blog Made For Adsense itu tidak disukai Google  .
Tapi tetap, semua kembali kepada kebijakan ADSENSE itu sendiri. Bila konten anda dirasa pantas, memberikan pembaca kenyamanan,  tentu email approve akan terkirim dengan sentosa.
approved Adsense ?
Ibarat dua orang petinju dengan kelas yang sama, ring internet menyajikan persaingan seru antara dua pengembang hosting besar antara lain , Blogspot yang dihosting oleh Google, dan WordPress, oleh WordPress.org.
Selain berkutat pada bidang hosting , kedua perusahaan raksasa ini juga memiliki program periklanannya sendiri. Google dengan Adsensenya dan WordPress dengan Wordads nya. Keduanya adalah sarana yang dapat membantu blogger memonetiasi blognya.
Namun di Indonesia yang paling populer adalah Adsense miliknya Google, sedangkan Wordads , masih sedikit publisher yang mengetahuinya. Dan konon katanya untuk diterima di Wordads itu sangat sulit, iklannya juga jarang muncul ( Khusus Indonesia ) .
Karena kita membahas cara approve program periklanan milik nya Google, maka untuk diapprove akun hosted, HARUS menggunakan blogspot. Saya rasa kalau tentang ini sudah umum diketahui tak perlu penjelasan lebih lanjut.
Namun , bila ingin mendapat akun non hosted full approve Indonesia dalam pengajuan Google Adsense, kedua platform ini tidak ada masalah, Kedunya menurut saya memiliki peta kekuatan yang seimbang.
Dari berbagai riset yang saya lakukan, pengguna blog WordPress dari Indonesia itu jumlahnya nomor 3 terbanyak di dunia , banyak fitur dan keunggulan yang dimiliki WordPress , juga kemudahan navigasi yang ditawarkan, meskipun memang harus membayar hosting untuk bisa mendapat fasilitas seperti ini.
Begitupun dengan Google, selain gratis dan mendapat hosting unlimited, situs yang menggunakan platform Blogger sangat terbuka untuk diterima, karena blogger produknya Google itu sendiri.
Saran saya, tidak perlu pusing memikirkan ini. Karena keduanya punya peluang yang sama untuk diapprove Adsense . Kembangkan saja konten dan beri pengalaman menyenangkan bagi pembaca.

 7.  Jangan Pakai Widget Komentar Dari Pihak Ke-3 
Memang, widget kotak komentar dari Facebook sangat membantu pembaca yang berasal dari Facebook untuk berkomentar di blog anda. Akan tetapi , untuk jaga-jaga cobalah menunda dulu untuk memasang widget yang satu ini.
Selama masa peninjauan , saran saya coba untuk menampilkan blog secara alami , apalagi bila blog tersebut masih dihosting oleh Google, ada baiknya tetap menonjolkan produk alami yang disediakan oleh Blogger.  jangan pasang widget yang aneh-aneh ( Penjelasan di Poin berikutnya ),
Karena widget tersebut memberatkan loading blog, dan Google lebih suka dengan blog yang ringan, mudah diakses, alami, dan kelihatan sederhana.
Manfaatkan saja dulu fitur komentar milik Google ( bila platform anda blogger. com ) , dan fitur WordPress. Apalagi bila anda mendaftarkan akun hosted, maka poin ini besar pengaruhnya.

8.  Jangan Ada SCRIPT POP UP DI Blog Selama Peninjauan
Ini adalah hal yang sangat disarankan untuk tidak dilakukan selama masa peninjauan bahkan  selama anda memiliki akun adsense . Karena script pop up, baik itu iklan PPC  lokal lain, maupun iklan milik anda pribadi akan menganggu kenyamanan pembaca.  Jangan sampai anda mendapatkan teguran dari Adsense, dan ujung nya berakhir tragis ( BANNED) .
Namun, ketika anda memiliki akun adsense premium yang pemiliknya di Indonesia masih dapat terhitung jari, anda bisa membuat iklan pop up, karena memang pemilik akun ini umumnya adalah korporat media besar yang telah dipercaya .
Kalau anda lihat blog besar seperti Detik.com, Kaskus.com , Kompas.com, pasti memiliki iklan pop up yang sangat banyak , namun saya rasa itu bisa dimaklumi setara dengan biaya perawatan website tersebut yang nilainya pasti mencapai milyaran rupiah tiap bulan.

 9.  Niche Umum Vs Niche Spesifik
Nah, ini juga banyak diperdebatkan. Di berbagai forum Adsense Indonesia, pertanyaan ini banyak diangkat sebagai thread.
“ Yang mana lebih baik,  niche umum atau niche spesifik ? “
“ Yang mana lebih cepat diterima, gan ? “
Oke, saya akan coba jawab. Sebenarnya  membahas ini secara keseluruhan, perlu satu artikel tersendiri .
Inti sari dari artikel di atas adalah dalam memilih blog yang akan diapprove pengajuan Google Adsense, baik itu gado-gado maupun bukan , yang paling diperhatikan Google Adsense adalah kenyamanan pembaca. Saya sudah menekankan berkali-kali kenyamanan pembaca adalah poin paling utama.
Mengapa niche blog spesifik mudah diterima ?
Alasan banyak niche spesifik lancar jaya diterima dalam pengajuan Google Adsense dikarenakan meskipun trafik blognya sedikit , namun blog tersebut memiliki pembaca setia dan umumnya tiap pembaca melahap banyak page . Seperti yang sudah saya jelaskan di atas ( Poin 24 ) .
Contohkan saja niche tentang peternakan semut. Bayangkan, berapa banyak orang di Indonesia yang tertarik dengan niche ini ? Sedikit bukan ? Tentu jumlah pencari keyword ini lebih sedikit, bahkan sangat jauh dibanding keyword-keyword populer seperti tutorial blogging, money online, sampai peluang bisnis.
Namun sedikit bukan berarti tidak ada pengunjugnya. Pasti ada yang tertarik dan ingin menekuni bisnis peternakan semut , dan mereka akan menemukan blog anda. Dan  sisi baiknya adalah meskipun pengunjung nya sedikit, pengunjung yang datang adalah pengunjung yang berkualitasdimana membutuhkan materi tersebut.
Niche blog spesifik lebih berpeluang
Sekali lagi, blog spesifik akan menawarkan  manfaat besar dan itu sesuai dengan misi Google ADSENSE dalam menawarkan iklan di blog yang memberikan pengalaman menyenangkan bagi pembaca  .
Bagaimana dengan blog gado-gado ? Tidak ada beda sebenarnya. Bila blog anda temanya campur-campur dan beberapa pembaca membookmark blog anda karena menganggapnya menarik , tentu kenyamanan yang ia dapatkan sama seperti kenyamanan yang juga diterima pembaca di blog spesifik.
Bila blog gado-gado membuat pembacanya “ mudah rindu “ , ya pasti Google ADSENSE  juga tidak akan menolak nya.
Sebagai catatan saja mengapa banyak blog niche gado-gado ditolak pengajuan Google Adsense, itu karena kebanyakan, ingat, loh , “ kebanyakan “ , blog dengan konten campuran , mudah didatangi, dan mudah ditinggal pergi oleh pembacanya sehingga ini kadang dideteksi sebagai pengalaman selancar yang tidak bermutu oleh Google.
Terlepas dari kedua hal itu , yang diutamakan adalah konten yang baik . Konten  yang baik akan membuat pembaca betah .

10. Template Harus Responsive Terlebih Mobile Friendly
Zaman sudah semakin canggih. Kalau dulu PC merajai sumber trafik dalam mengakses internet, sekarang tren sudah berganti ke mobile karena pengguna ponsel pintar semakin marak di dunia, bahkan di perkampungan / desa di Indonesia, sudah banyak yang menggunakannya.
Apalagi misi pembangunan desa oleh pemerintah saat ini yang mendorong UKM  kecil desa untuk GO ONLINE .
Sebagai publisher yang bijak , anda harus menangkap peluang ini, sekaligus mengikuti perkembangan yang ada  .
Perhatikan lah selama ini darimana pengakses blog anda berasal ? Apakah dari PC, Mobile-Phones ? Tab ?
Umumnya di tahun 2016, pengakses internet lewat mobile itu hampir separuh dari jumlah trafik yang ada  . Sehingga , periklanan besar seperti Google Adsense juga memakai catatan ini dalam penilaian, dan secara tersirat mewajibkan semua publishernya membuat blog dengan template yang responsive , terlebih cocok dan diakses lewat mobile.

11.  Minimalisir Penggunaan Widget Yang Tidak Dibutuhkan
Widget yang tidak dibutuhkan seperti jam, latar musik, sampai pelihara ikan koi, selain memberatkan , juga tidak disukai untuk pengajuan Google Adsense. Alasannya ? Karena itu memberatkan blog, tidak efisien ( boros kuota) , dan bertolak belakang dengan karakter Google yang suka kesederhanaan.
Namun, bila anda memang niat sekali memelihara ikan koi di blog, sebaiknya jangan jadikan blog tersebut dalam pengajuan adsense. Saya yakin besar kemungkinannya akan ditolak.
Buatlah blog yang sesuai karakter Google.  Atau silahkan anda tunda hobi itu, tunggu diapprove Google, karena ketika akun adsense anda aktif, pelihara ikan koi di blog juga tidak masalah, kok. Hehe

 12.   Miliki Backlink Yang Natural
Backlink ini masih jadi sesuatu yang kontroversional. Karena backlink dan turunannya adalah senjata utama SEO. SEO berkaitan dengan nilai jual blog , dan nilai tersebut merupakan tolak ukur pengajuan Google Adsense dalam melakukan peninjauan.
Sudah banyak blog yang membahas mengenai teknik mendapat backlink dan kaitannya dengan Google Adsense.
Terlepas dari itu yang paling penting adalah mendapatkan backlink yang natural dari pembaca, dari blogger lain , dan dari situs lain. Kalau hanya anda sendiri yang memasang backlink untuk anda sendiri, dampaknya tidak bakal kuat.
Lalu, bagaimana cara mendapat backlink berkualitas?
Ini faktor yang penting. Apalagi berkat optimasi backlink artikel anda berada di page 1 – 3 pencarian dengan keyword yang populer, saya yakin kesempatan approve itu sangat besar.

13.   Pengajuan Upgrade, Mengukur Pada Pencapaian Akun Sebelumnya
Kalau anda ingin upgrade akun dari Youtube Hosted ke Blog Non Hosted, hal minimal yang harus anda perhatikan untuk pengajuan Google Adsense selanjutnya.
Berapa banyak video dalam channel yang sudah ditonton?
Ini terkait dengan keaktifan anda dalam mengelola channel yang telah dimonetisasi , apakah selama bermitra dengan Adsense di hosted anda memaksimalkan kesempatan .
Berapa penghasilan anda dari channel tersebut ?
Ini juga berpotensi menjadi pertimbangan. Apakah selama memiliki akun hosted anda berhasil mendapatkan penghasilan yang memadai, atau hanya sekedar punya akun dan euforia belaka ingin mengajukan upgrade ke akun non hosted.
Mungkin ini menjawab pertanyaan calon publisher yang bertanya susahnya untuk upgrade dari Youtube Adsense Hosted ke blog Non Hosted .
Di level mana tingkat jam tayang channel anda oleh rata-rata pemirsa ?
Google Adsense menghitung penayangan yang sah itu adalah 30 detik. Jika channel anda adalah channel yang SPAM, dan pengunjung tidak menonton video lebih 30 detik, maka tayangan itu tidak sah dimonetisasi. Ingat Gan, catatan  masa lalu anda itu dipertimbangkan.
Adsense tidak suka bermitra dengan channel yang spam, yang hanya upload video asal, yang implikasinya membuat pembaca tidak betah. Jam terbang channel anda berpengaruh untuk upgrade ke akun yang lebih tinggi. Google sangat korektif dalam hal ini.
Saya terpikir membuat poin ini ketika banyak calon publisher yang punya blog dengan pengunjung  stabil , artikel sudah banyak dan umur blog sudah lama , namun ditolak.
Apa yang salah ? Jawabannya bisa jadi : Bayang-bayang masa lalu akun Youtube Hosted anda yang kelam ( Akun Zombie, FLAG, SP , dsb ) . Hehe…

14.  Umur Blog Anda
Berapa umur blog yang cocok sebelum Pengajuan Google Adsense?
Jujur, saya susah menerka karena banyak kasus blog diterima meski umurnya masih 2 hari, bahkan ada yang diterima ketika umurnya masih 1 hari. Ya, kalau dulu mendaftar memang sangat mudah, dan proses seleksi Google Adsense masih gampang.
Bagaimana sekarang ?  Menurut saya umur blog tidak berpengaruh. Asal Blog sudah benar-benar siap untuk didaftarkan, memiliki konten yang memadai, dan memberikan pengalaman bermutu bagi pembaca.  Ya, faktor terakhir ini tidak lelahnya saya tekankan untuk anda.
Ketiga faktor ini yang saya rasa yang paling penting.
Terlepas dari umur blog, saya merekomendasikan untuk mendaftarkan blog bahasa Indonesia yang umurnya minimal 2 minggu setelah dibuat dan blognya benar-benar siap . Bagaimana , apakah ini work ? Silahkan dibuktikan.

15.  Jangan Ada Iklan Dari PPC Lain Di Blog
Sama seperti mendaftar untuk menerima beasiswa, dimana-mana setiap lembaga beasiswa akan membuat satu syarat : Belum menerima beasiswa sebelumnya dan tidak terikat dengan beasiswa lain saat ini .
Mengapa demikian?  Itulah pedoman yang umum, Gan. Begitupun cara kerja Google Adsense. Google akan menilai minus blog yang punya PPC selain yang sedang diajukan.
Ini dikarenakan Google mengira blog anda itu mata duitan, dan takutnya , PPC Lokal tersebut mengandung script terlarang yang melanggar TOS Google.
Apalagi Google sangat membenci iklan dengan jenis redirect. Sebut saja Pop Up, Pop Ads, Revenue Hits, dan lain sebagainya yang membuat pengunjung beralih ke situs lain secara otomatis , yang menganggu kenyamanan pembaca dalam berselancar di blog anda. Kalau ingin bergabung untuk pengajuan Google Adsense, buatlah blog yang polos akan iklan terlebih dahulu.
Setelahnya ? Saya kira anda sudah tahu apa yang harus dilakukan.

16.  Penggunaan Google Plus, Setia Pada Produk Google
Ini tidak mutlak namun membantu. Menjaga kesederhanaan blog dengan fitur alami  Blogger adalah cara yang cukup work . Bahkan banyak yang menyarankan untuk memakai template bawaan saja dari Google dalam pengajuan.
Namun yang lebih penting adalah gunakanlah produk Google, seperti Google PLUS . Ini sebagai isyarat bahwa anda nyaman dan setia dengan produk buatan Google. Menggunakan Google Plus juga tidak merugikan, dan dari pengalaman banyak publisher , traffik yang datang dari link yang disebarkan lewat Google Plus cukup banyak memberikan kontribusi  dalam peningkatan jumlah pengunjung.

17.  Jumlah Member Blog Bisa Jadi Nilai Tambah
Ini bukanlah nilai mutlak, mengikuti saran ini hanya akan menambah peluang anda untuk pengajuan Google Adsense. Dan bila blog anda membernya sangat sedikit, bahkan nol, tidak masalah juga. Karena pengalaman dari banyak publisher, blog mereka saat itu tidak memiliki member namun tetap juga diterima.  Memang saat ini “ member “ dalam blog tidak lagi sesuatu yang istimewa, dan terkesan jadul.

18.  Navigasi Harus Dilengkapi
Nah, ini dia yang tidak boleh ketinggalan. Ini sudah banyak dibahas di blog senior yang lain , apakah peran navigasi blog itu begitu signifikan dalam pengajuan Google Adsense?
Jawabannya : Ya ! Sangat penting. Dan saya rasa peran navigasi inilah yang sangat berperan dalam  pengajuan blog non hosted. Sebab, melakukan kemitraan apalagi dengan perusahaan sebesar Google, portofolio blog yang anda miliki harus lengkap.
Lalu bagaimana dengan blog yang tidak lengkap navigasinya tapi tetap bisa diterima ? Biasanya ini adalah akun hosted, namun saya belum pernah mendengar ada akun non hosted diterima tanpa navigasi. Mungkin anda bisa memberikan contohnya agar kita bahas bersama di sini.
Navigasi itu penting, mulai dari Privacy & Policy, About Us , Sitemap DMCA, Disclaimer, Contact, dan Archive  . Kalau perlu siapkan label FAQ. Ciptakan lah kesan professional dalam peninjauan. Dan lengkapilah navigasi tersebut sebelum melakukan pengajuan, ingat pada poin sebelumnya : Blog harus benar-benar siap !

 19.  Menggunakan Alamat Email Yang Profesional Dalam Pengajuan
Email pengajuan Google Adsense, ada baiknya menggunakan alamat email bisnis . Poin ini khusus untuk non hosted agar memperlebar peluang diterima . Apa itu email bisnis ? Email bisnis adalah email yang embelnya tanpa host.
Gambarannya berikut. Email biasa adalah : sidikyassa@gmail.com, sedangkan email bisnis beralamat seperti ini : sidikyassa@bisnis.com .
Buat nama email yang professional  jangan main-main , apalagi dengan angka-angka seperti kehabisan nama. Contohnya : Sidikyassa422@gmail.com, atau Sidikyassa31d1@gmail.com.
Berikan kesan bahwa anda memang serius untuk bermitra dengan Google Adsense, dibuktikan dengan pengajuan menggunakan alamat email yang serius pula.
Apakah poin ini mutlak ? Tidak. Karena ada juga email pengajuan yang masih berembel @gmail bisa diterima  . Disarankan juga,  gunakanlah email yang dihost langsung oleh Google.

 20.  Minimalisir Tindakan Yang Berbau SPAM dan Mencurigakan
Banyak yang ditolak  pengajuan Google Adsense karena pihak Google menemukan adanya indikasi kecurangan di blog. Apa maksudnya ?
Google menemukan dalam blog anda ada konten yang melanggar TOS, komentar yang SPAM seperti yang sudah saya jelaskan di atas, dan yang sangat-sangat perlu diperhatikan adalah jangan mengajukan email yang sama dengan yang sudah pernah didaftarkan adsense ( diapprove )
Jangan gunakan blog yang sudah pernah didaftarkan adsense ( diapprove ) , dan jangan pernah menggunakan identitas yang terkait dengan pengajuan Google Adsense yang pernah anda miliki sebelumnya, apalagi bila ini adalah uji coba mendapatkan akun adsense yang kedua.
Karena memang Google melarang keras penggunanya untuk memiliki lebih dari satu akun adsense ( dengan alasan tertentu boleh ) , karena satu adsense sudah bisa digunakan di banyak blog, limitnya bahkan sampai 500 blog . Ingat, perhatikan TOS sebelum mendaftar !

21.  The Real Blog, Bukan Yang Multifungsi
Orang datang ke blog anda umumnya bukan untuk memberi makan ikan koi. Kalau ada yang begitu , beruntunglah anda punya kawan sehobi. Hehe
Visitor juga datang bukan untuk merasakan salju memenuhi monitor PC nya , bukan untuk mendengar radio themes blog anda, bukan untuk melihat stick mouse yang bentuknya aneh-aneh, bukan untuk chattingan dengan anda, bukan untuk nonton video streaming, bukan untuk nonton tiap embed video di blog anda , dan lain sebagainya.
Pembaca datang untuk informasi, dan informasi sangat erat kaitannya dengan adsense, karena Google Adsense menawarkan iklan berdasarkan informasi yang anda tawarkan di blog.
Untuk itulah dalam pengajuan Google Adsense, tonjolkan lah informasi, jangan banyak fungsi yang aneh-aneh. Posisikan blog sebagai blog, bukan multifungsi , meskipun anda menganggap itu keren .
Karena apa yang anda anggap keren itu belum tentu Google anggap keren. Apa yang dianggap keren oleh Google adalah blog yang sederhana dan informatif. Bila ingin bermitra dengan Google, lakukanlah apa yang sesuai dengan kebijakan mereka.
Ini bukan berarti anda tidak boleh membuat blog multifungsi seperti itu. Boleh sekali, itu hak anda. Asal dalam pengajuan adsense, blog itu dibenahi dulu , dirapikan mengikuti selera kerennya Google dan sesuai TOS Google . Be a real blog !

22.  Jumlah Pelanggan Newsletter
Di era tahun 2010 – 2012, newsletter adalah sesuatu yang istimewa bagi para publisher. Karena masa itu pengguna email masih banyak. Pesan instan itu jarang , jadi orang berkirim pesan masih menggunakan email. Dan blog dengan banyak penerima newsletter, pasti akan kebanjiran traffik karena tiap blog tersebut update, maka pembaca yang pernah mendaftarkan emailnya ke newsletter akan terus menerima update tersebut secara real time.
Dan blog yang memiliki banyak pelanggan newsletter dianggap blog yang populer, lebih keren lagi dianggap sebagai master.
Bagaimana sekarang ? Hanya di blog ini yang berani mengatakanbahwa peran newsletter akan berfungsi magis dalam menghipnotis Google Adsense untuk menerima blog anda dalam program periklanannya.
Blog dengan jumlah pelanggan newsletter yang banyak, pasti besar peluangnya diterima oleh Google Adsense. Karena pelanggan newsletter identik dengan pembaca setia yang tidak mau ketinggalan informasi idolanya . Google suka blog yang dicintai pembacanya.

23.   Blog Bertema Jualan Tak Dapat Bermitra Dengan Adsense ?
Saya beritahu lagi, bahwa satu akun adsense non hosted bisa diletakkan ke banyak blog bahkan sampai 500 blog sekaligus baik itu blog berdomain gratis maupun berbayar .
Jadi anda tidak perlu iri kalau lihat ada toko online yang  iklan adsensenya nongol , tapi ketika anda mendaftar menggunakan website e-commerce yang sama,  anda ditolak mentah-mentah. Apa yang salah ?
Blog bertema jualan intinya adalah menjual sesuatu , bukan menjelaskan sesuatu. Detail produk dalam website juga biasanya tidak lebih dari 200 kata. Dan di mata Google ini terlihat seperti Blog Wallpaper, blog yang menjelaskan sebuah gambar secara singkat, dan blog jenis ini tidak disukai Adsense.
Juga website jualan ( E- Commerce ) fungsi awal dan utamanya adalah berjualan, sehingga sebenarnya bila ada iklan adsense di website jualan anda, bukankah itu menciptakan persaingan baru ? Dimana anda menjual sepatu, dan iklan adsense yang muncul adalah banner jualan sepatu dari e-commerce lain ( Ingat ! Adsense Menaruh Iklan Berdasarkan Kata Kunci ) .
Bukankah ini berpotensi merugikan  kalau visitor tertarik pergi ke e-commerce lain berkat iklan itu ?
Jadi , pertimbangkan dulu, Gan sebelum memasang iklan adsense di website jualan. Namun bila ngebet, ikutlah poin penting berikut.

24.   Tak Sekedar Navigasi Umum , Anda Perlukan Nilai Tambah Yang Lain
Agar lebih meyakinkan , ada baiknya anda menambahkan logo di header blog . Logo sendiri di era digital sekarang ini sangat banyak penyedianya , dan software gratis di internet juga bertebaran. Pasanglah logo yang mencerminkan blog anda. Selain itu widget media sosial juga bisa menjadi nilai tambah. Semoga membantu.

25.   “ Lucky “ – Keberuntungan
Terlepas dari segala sesuatu  di atas, hal yang paling penting adalah : Kehendak Tuhan.
Sebelum mengajukan blog, selama masa peninjauan , sampai setelah masa peninjauan dan pengajuan Google Adsense, berdoalah. Sebaik apapun blog anda bila tidak direstui Tuhan , tidak akan diterima.  Seperti kata orang bijak “ bekerja sambil berdoa ” .
Memang banyak sesuatu yang masih tidak kita mengerti dari sistem peninjuauan Google Adsense, di satu sisi ada dua blog yang dirasa memiliki “ properties “ yang mirip, namun belum tentu keduanya bisa diterima. Bisa saja hanya satu yang diterima,  padahal keduanya baik secara konten, memadai secara trafik, dan umur blog yang cukup dewasa. 
Apa faktor X yang mempengaruhinya ?
Penolakan seperti ini masih banyak dipertanyakan oleh calon publisher.   Alasan paling logis mungkin bisa anda temukan di antara 49 faktor di atas, namun jangan lupakan 1 faktor yang juga sangat melekat. Keberuntungan.
Dalam poin ini saya tidak akan jelaskan panjang lebar mengenai keberuntungan karena kita semua sudah tahu faktor ini tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan.
Human Error, System Error, dan kondisi-kondisi lain yang tidak pernah kita duga bisa saja terjadi mewarnai usaha pengajuan anda.
Jadi, tetaplah berdoa agar diberikan keberuntungan dan kemudahan .

Penutup
Nah, demikianlah faktor yang menentukan apakah blog anda layak diapprove Google Adsense.  Sekali lagi saya tekankan, bahwa ini adalah murni dari hasil pemikiran , riset yang saya lakukan sendiri. Dan ini bukanlah poin-poin yang Google Term rilis secara resmi  , karena memang persyaratan yang menjadi acuan mereka masih undefenitif sampai hari ini.
Bila anda sudah melaksanakan sejumlah anjuran di atas dan masih gagal juga, janganlah menyalahkan saya.  Benahi apa yang kurang, baca secara detail surat penolakan Google, koreksi lagi blog anda, data akun anda, penggunaan email anda seperti sudah panjang lebar saya jelaskan di atas. 49 faktor di atas saya rasa sudah cukup jelas menjadi indikator.
Bila belum berhasil juga, coba lagi dan lagi, bila perlu kita diskusikan bersama di blog ini. Banyak senior yang juga akan menjawabnya .
Optimislah akan berhasil ,  karena sudah banyak yang berhasil lewat cara-cara ini. Namun semua kembali kepada penilaian preogratif sang Google sendiri .
Belakangan ini memang approve Google Adsense semakin sulit, apalagi tahun 2016 semakin banyak orang mengajukan blog nya , dan ini menjadi pertanda semakin ketat seleksi  yang dilakukan Google untuk memilah blog yang pantas masuk dalam program periklanan nya.
Karena di Indonesia sendiri banyak publisher nakal yang merugikan advertiser dengan ratusan akal  , yang implikasinya merugikan publisher lain yang juga tertarik ke dalam program periklanan ini. Bila terus begini, bisa saja Indonesia akan dibanned oleh Adsense. Kita tak ingin hal itu terjadi, bukan ?
Kita semua, publisher dan calon publisher Indonesia lainnya sudah dicap sebagai  publisher yang “ berpotensi “ melakukan kecurangan seperti yang dilakukan para “ pendahulu “  kita . Berterima kasihlah kepada mereka yang sudah curang, karena berkat mereka kita semakin disulitkan dalam approve Adsense .
Makin hari, makin sulit. Ini banyak dirasakan oleh calon publisher.
Di Amerika Serikat, U.K , dan negara-negara EROPA lain, pengajuannya cepat dan langsung dapat diterima. Trust Level mereka tinggi, Gan. Sangat bertolak belakang dengan kita.
Setelah mendaftar dan puji Tuhan diterima , hal yang lebih sulit berikutnya adalah pendapatan yang tidak memadai.  Kapan kah seorang publisher bisa bernafas lega ?
Namun , sebagai pejuang ada kalanya merasa kesulitan . Seorang blogger  adalah pelayan masyarakat yang menulis untuk memberikan informasi yang bermanfaat. Rintangan harus ditaklukkan.  Tetaplah di jalan yang benar, jangan  bermain di zona abu-abu karena uang tidak halal itu merugikan. Selain merugikan diri sendiri, itu juga merugikan orang lain di sekitar anda.
Jangan pernah menyerah  untuk diapprove dalam upaya pengajuan Google Adsense. Teruslah posting artikel yang berkualitas.  Karena kualitas, akan menemukan tempatnya.

Salam dari saya , semoga berhasil anda semuanya !

Artikel Terkait

4 Komentar untuk "Syarat dan kelayakan blog agar pendaftaran akun Google Adsense Anda cepat di approved"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel